Universitas Bumigora Berdayakan Kader Posyandu Wanatirta Desa Sesaot

  • Sep 23, 2024
  • Pemerintah Desa Sesaot.

KBRN, Lombok Barat: Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Bumigora melaksanakan kegiatan pemberdayaan kader posyandu Wanatirta di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pelayanan kader posyandu, khususnya dalam penanganan posyandu lansia.

Tim PkM Universitas Bumigora terdiri dari dosen dan mahasiswa Program Studi Farmasi, dipimpin oleh Muhammad Eka Putra Ramandha, M.Pd sebagai ketua tim, dengan anggota I Nyoman Bagus Aji Kresnapati, M.Si dan Bq Yulia Hasni Pratiwi, M.Sc. 

Muhammad Eka Putra Ramandha menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari hibah yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Dikti Tahun Anggaran 2024 melalui skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat, dengan fokus pada kemitraan masyarakat. Dan tujuan program ini untuk menambah keterampilan kader posyandu dalam mengelola kegiatan, terutama yang berkaitan dengan pelayanan lansia. 

"Kami mengangkat dua aspek utama dalam kegiatan ini, yaitu aspek sosial kemasyarakatan dan aspek manajemen," jelas Eka Putra dalam keterangan resminya, Jumat (20/9/2024).

Salah satu inovasi yang diperkenalkan dalam kegiatan ini adalah pembuatan teh herbal dari bunga gemitir (marigold), yang dipercaya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan hipertensi. Inovasi ini diambil dari penelitian yang dilakukan oleh salah satu anggota tim, yang menemukan adanya senyawa aktif dalam bunga gemitir dan dapat menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Proses pembuatan teh herbal dimulai dengan memisahkan helaian bunga dari kelopaknya, kemudian dikeringkan dalam oven selama 2-3 jam. Setelah itu, helaian bunga yang telah kering dimasukkan ke dalam kantung teh dan ditambahkan perasa alami seperti jeruk, daun mint, dan serai. Teh ini kemudian disajikan dengan air panas sebagai minuman herbal.

Selain inovasi teh herbal, Tim PkM juga memberikan pelatihan manajemen posyandu kepada para kader. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola kegiatan posyandu, termasuk cara berkomunikasi dengan lansia.

Kepala Desa Sesaot, Sarbini, A.Md, memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan oleh Tim PkM Universitas Bumigora. "Kami sangat berterima kasih atas kegiatan ini, yang sangat bermanfaat bagi kader posyandu dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan mereka," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Sesaot, terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di posyandu, khususnya untuk lansia. "Semoga apa yang telah diajarkan dapat diaplikasikan dan diterapkan secara berkelanjutan oleh kader posyandu Wanatirta," harap Sarbini.