SOSIALISASI DAN BIMTEK SULAP LIMBAH PLASTIK MENJADI PAVING BLOK

  • Aug 20, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (20/08) Kelompok KKN Dari Universitas Islam Al-Azhar Mataram Gelar Sosialisasi sekaligus Bimbingan Teknis tentang pembuatan paVing blok dengan menggunakan limbah plastic.

Materi dalam Kegiatan tersebut dipaparkan langsung oleh Dekan , Dosen dan mahasiswa dari Unizhar Mataram untuk memberikan edukasi kepada sejumlah peserta yang terdiri dari Kepala Desa Langsung, Perangkat Kewilayahan / Kepala Dusun serta perwakilan dari tokoh pemuda di masing-masing dusun yang ada di desa sesaot.

Selain Materi, bimbingan teknis ( praktik ) juga di lakukan langsung oleh peserta sesuai dengan arahan narasumber. Adapun cara pembuatannya terbilang sederhana dan alat maupun bahan yang digunakan juga dianggap cukup mudah untuk  ditemukan sehingga dari segi modal yang dikeluarkan inovasi yang diperkenalkan oleh KKN Unizhar Mataram ini sangat bisa di unggulkan.

Jika disimpulkan, alur proses yang dilalui yaitu, pada tahap awal yang perlu disiapkan  adalah bahan dan alat berupa Tungku/Kompor, Dandang, Air, Cetakan dan Alat / Bahan Pendukung lainnya. Tidak jauh berbeda seperti adonan yang matang kemudian di tuang kedalam wadah / cetakan, hanya saja yang di olah ini adalah limbah plastic yang apabila sudah meleleh kemudian di masukkan ke cetakkan dan membutuhkan pres / tekanan untuk hasil yang lebih kuat dan padat.

Kegiatan tersebut tentunya direspon baik oleh pemerintah dan masyarakat desa sesaot.

Dengan adanya sosialisasi dan bimtek tersebut Yuni Hari Seni, S.Pd., kepala desa sesaot  berharap peserta yang bersumber dari kepala dusun dan perwakilan masing-masing dusun nantinya bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah desa untuk mensosialisasikan Kembali di dusun masing-masing maupun masyarakat lainnya, inovasi tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk permasalahan sampah, dari hasil yang didapat juga nantinya mampu memotivasi masyarakat dalam pengelolaan sampah sehingga memiliki nilai ekonomis.

Selain dampaknya yang bisa menjadikan lingkungan bersih, sehat dan nyaman, pemerintah desa juga berharap dengan adanya pengelolaan limbah sampah plastic bisa mengedukasi serta memotivasi masyarakat lainnya sehingga kedepannya desa sesaot memiliki Bank Sampah agar bisa membuka peluang pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa sesaot ( Ka-Um Desa Sesaot )