KEGIATAN LOKA KARYA MINI LINTOR UPT PUSKESMAS SURANADI

  • Sep 05, 2023
  • Pemerintah Desa Sesaot.

sesaot.desa.id- menjadi agenda rutin, pemdes bersama KPM desa sesaot menghadiri kegiatan lokakarya mini triwulan di lesehan taufik I desa suranadi, kamis 31/08.

Ada tiga topik utama yang dibahas dalam egenda tersebut yaitu terkait gizi, gangguan jiwa dan universal health coverage (UHC) oleh narasumber dari nakes dari PKM Suranadi dan Kepala BPJs Kab. Lombok Barat

Prihal gizi, tidak terlepas dari stunting yang menjadi program prioritas khususnya di wilayah kerja PKM Suranadi dan Secara nasional pada umumnya yang dimana Pk Komang selaku narasumber memberikan review atau capaian² terkait program gizi stunting serta edukasi dari pengenalan hingga penanganan stunting tersebut.

Camat Narmada, M. Busyairi,S.Sos.,MM bersama Kepala Puskesmas Suranadi dalam sambutannya menekankan bahwa apa yang menjadi topik utama dalam kegaitan tersebut sudah semestinya menjadi tanggung jawab dan perhatian kita secara bersama-sama.

Adapun terkait UHC yang menjadi program pemda kabupaten Lombok Barat, bupati melalui surat edaran yang akan menginisiasi seluruh desa di lomnok barat untuk menganggarkan kepesertaan BPJs yang bersumber dari APBDes pada APBDes perubahan.
Langkah tersebut dimaksudkan untuk mencapai masyarakat lombok barat 95% harus menjadi peserta BPJs yang dimana saat ini kepesertaan sekitar 91,4% sedangkan syarat untuk UHC adalah kepesertaan BPJs minimal 95%

Kabar baiknya, apabila target UHC tersebut tercapai, maka seluruh warga masyarakat kabupaten Lombok Barat baik yang terdaftar sebagai peserta BPJS atau tidak akan tetap mendapatkan Akses Layanan Kesehatan cukup hanya dengan NIK Kependudukan.

Wayan Mastika, selaku Kepala BPJS Lombok Barat Menekankan masyarakat untuk wajib memiliki dokumen kependudukan ( KTP & KK ) yang sudah online atau 2018 ke atas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Narmada, Kepala Puskesmas Suranadi dan Jajarannya, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Kader Pendamping, Danramil, Kapolsek Dan Lainnya.

( K-PPID Desa Sesaot )

#sesaot