Presiden Resmikan Jalan Inpres, Pj. Bupati Lobar: Kado Istimewa HUT ke 66 Lombok Barat

  • May 02, 2024
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meresmikan lima ruas jalan di Nusa Tenggara Barat, Kamis, 2 Mei 2024. Peresmian ini dilakukan di Dusun Segenter, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Hadir dalam peresmian ini Presiden Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Penjabat Gubernur NTB H. Lalu Gita Aryadi, Penjabat Bupati Lombok Barat H. Ilham, M.Pd, pejabat pusat dan daerah serta masyarakat Lombok Barat. 

Presiden dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses pembangunan dan perbaikan jalan di Provinsi NTB sudah dimulai dari 2023 lalu. Pemerintah Telah membangun lima ruas jalan di empat kabupaten dengan total panjang 40,63 kilometer (Km). Diantaranya Kabupaten Lombok Barat, yaitu ruas Lembar-Sekotong (Pelangan-Segmen-Lembar - Gili Mas), Kabupaten Sumbawa Barat Polamata Jelanga, Kabupaten Sumbawa Sabedo Dalam-Bukit Planing - Lenangguar - Teladan dan terakhir di Kabupaten Bima Wilamaci - Karumbu - Sape. Menghabiskan biaya sebesar 211 miliar. Diharapkan pembangunan jalan ini dapat mempercepat akses logistik dan dapat mensejahterakan masyarakat. 

Sementara itu Penjabat Bupati Lombok Barat H. Ilham, M.Pd mengatakan bahwa perbaikan dan pembangunan ruas jalan Lembar-Sekotong (Pelangan-Segmen-Lembar - Gili Mas) merupakan kado istimewa dari Pemerintah Pusat pada HUT Ke 66 Lombok Barat. Ia mengatakan hal ini sangat spesial dan bermanfaat bagi masyarakat Lombok Barat. "Ini adalah kado istimewa pemerintah pusat pada HUT ke 66 Lombok Barat. Terima kasih pak presiden" ujarnya. 

Ia mengatakan perbaikan dan pembangunan ruas jalan Lembar-Sekotong ini sangat bermanfaat dalam mempercepat akses truk truk pengangkut Logistik menuju pelabuhan Gili Mas. Ia juga mengatakan bahwa ruas jalan ini juga sangat mendukung untuk pengembangan pariwisata Lombok Barat khususnya di bagian Selatan. Ia berharap agar Pemerintah Pusat terus mendukung pengembangan infrastruktur di semua wilayah Lombok Barat untuk meningkatkan akses menuju tempat atau destinasi wisata di Lombok Barat. "Ini sangat bermanfaat bagi pengembangan ekonomi masyarakat dan pengembangan Pariwisata Lobar. Kami harapkan pemerintah terus mendukung kami dalam peningkatan akses menuju lokasi atau destinasi wisata di Lobar" ujarnya. 

Kegiatan Peresmian lima ruas jalan ini ditandai dengan penekan tombol sirene oleh Presiden Jokowi bersama sejumlah pejabat. Presiden juga sempat melihat meninjau jalan ruas Lembar-Sekotong di wilayah Segenter tempat kegiatan peresmian jalan dipusatkan. Selanjutnya Presiden dan Rombongan menuju Kabupaten Sumbawa Barat dan sumbawa dengan menggunakan Helikopter. (Diskominfotik/Rif/angga)