RATUSAN WARGA MANFAATKAN PELAYANAN PERUBAHAN FASKES BPJs

  • Sep 30, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Desa Sesaot (30/09)- Petugas dari BPJs bersama Tim dari Puskesmas Suranadi membuka ruang pelayanan di kantor desa sesaot untuk perubahan fasilitas Kesehatan ( faskes ) yang masih  diluar wilayah kerja puskesmas suranadi menjadi  suranadi

Tampak Ratusan warga memadati program tersebut dengan membawa berkas kependudukan untuk merubah data faskes kepesertaan BPJs Kesehatan untuk diri sendiri maupun anggota keluarga.

Program tersebut bertujuan untuk ketertiban administrasi pelayanan sesuai wilayah kerja dari fasilitas Kesehatan terkait, khususnya puskesmas suranadi.

Yuni Hari Seni, S.Pd, kepala desa sesaot memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa prosedur penggunaan BPJs tidak lagi menggunakan kartu Kepesertaan BPJs, Melainkan Cukup Hanya dengan Menggunakan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ) karena sudah terintegrasi sebagai nomor identitas peserta JKN-KIS.

Kepala Desa dua periode tersebut Juga menghimbau jikalau masyarakat yang akan berobat menggunakan BPJs cukup dengan membawa KTP elektronik atau menunjukkan NIK pada saat berobat di Penyedia fasiliitas Kesehatan.

Penggunaan NIK sebagai identitas peserta JKN-KIS merupakan upaya dalam mendukung Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan dengan didukung data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan, mudah di akses dan di bagi pakaikan, serta dikelola secra seksama, terintegrasi dan berkelanjutan

Dari 300 Lebih warga yang mendaftar, hanya sekitar 92 orang yang dapat dilayani secara langsung, Adapun bagi yang belum mendapat pelayanan dapat mengumpulkan photocopy berkas secara kolektif di perangkat kewilayahan masing-masing untuk ditindak lanjuti. ( Ka-Um Desa Sesaot )