OPTIMALKAN LEGALITAS UMKM, KKN TEMATIK DESA PRENEUR SESAOT GELAR SOSIALISASI

  • Feb 09, 2023
  • Pemerintah Desa Sesaot.

sesaot.desa.id – Kelompok KKN Tematik Desa Preneur Sesaot mengadakan sosialisasi kepada pelaku UMKM, masyarakat dan Perangkat Desa  yang ada di desa sesaot.

Kegiatan tersebut ditujukan kepada seluruh UMKM yang ada di desa sesaot maupun masyarakat yang akan menjalankan UMKM nantinya. Papar Nurmayanggi Aulia Saifitri selaku Ketua KKN Tematik Desa Preneur Sesaot Saat Memberikan Sambutan.

Adapun sejumlah topik yang dibahas dalam kegiatan tersebut, seperti Legalitas Usaha, Digital Marketing dan Permodalan untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Desa Sesaot.

“Semoga UMKM yang ada di desa sesaot berkembang lebih baik lagi” Harap Anggi.

Pemerintah Desa Sesaot menaggapi dengan baik agenda yang diselenggaran oleh Kelompok KKN Tematik Desapreneur tersebut, khususnya dari pihak BUMDes.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena inilah yang dibutuhkan oleh BUMDes”

Ungkap Windi sebagai Sekretaris BUMDes “Gatari Mass” dalam sambutan singkatnya.

Sekretaris Desa Sesaot, Saparudin juga menambahkan, nantinya hasil dari UMKM bisa terpasarkan dengan baik dengan memperhatikan dokumen pendukung atau legalitas usaha yang dimiliki seperti Badan POM, Sertifikat Halal dsb.

Hal serupa juga ditegaskan kembali oleh pak mahendra selaku narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut.

“Legalitas adalah nyawa untuk menjalankan usaha atau perijinan”

Mahendra menekankan pentingnya Usaha perorangan / non perorangan agar memiliki Nomor Indu Berusaha ( NIB ).

Berpedoman pada UUD Cipta Kerja Peraturan Pemerintah No 05 Tahun 2021, dijelaskannya untuk mengajukan NIB dapat dilakukan secara online melalui system perizinan usaha yang terintegrasi secara elektronik di  https://oss.go.id/

Hendra juga Menyebutkan ada sejumlah manfaat yang bisa didapat apabila suatu usaha sudah memiliki NIB yaitu, Usaha perorangan / non perorangan akan  mudah melakukan pemasaran secara online atau offline, Mempermudah akses pembiayaan, pembinaan, pendampingan dan pembiayaan.

Yaumi, yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan ragam proses dalam membangun usaha, mulai dari penentuan Ide, pemetaan pelanggan,kampanye pemasaran dan sebagainya.

Yaumi juga menekankan pentingnya branding dan membentuk jaringan bisnis untuk kelanjutan usaha. ( Ka-Um Desa Sesaot )