OPTIMALISASI PERAN STAKEHOLDER DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA, STP MATARAM GELAR FGD

  • Jan 27, 2023
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (26/01)- perwakilan pengelola wisata dari sejumlah desa wisata di beberapa kabupaten di Lombok hadiri kegiatan FGD tentang optimalisasi peran stakeholder dalam pengembangan desa wisata yang diadakan oleh Panitia Pelaksana Focus Group Discussion (FGD) S1 Pariwisata VC STP Mataram pada Kamis, 26/01/2023.

Kegiatan FGD  tersebut berlangsung di Ballroom Mandalika Kampus STP Mataram yang dihadiri oleh unsur dinas pariwisata Lombok Barat, Dosen, Ketua Prodi, Mahasiswa STP, dan perwakilan dari Pengelola wisata di desa.

Kabid dari Dispar Lombok Barat, Pk Erwin yang menjadi salah satu narasumber dari kegiatan tersebut menekankan bahwa yang menjadi factor penting dalam pariwisata adalah kelembagaan atau sumber daya manusia. Karena hampir semua aktifitas di wisata tidak terlepas dari peran aktif bersama lembaga pokdarwis, BUMDes, Pemerintah Desa dan Masyarakat. Sebab, Sikap Kolaboratif tentunya sangat dibutuhkan untuk menciptakan desa wisata yang berkelanjutan.

Selain itu, pak Erwin selaku Kabid dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat juga memaparkan sejumlah metode untuk menciptakan pariwisata yang berkualitas.

Berbagai topik menjadi satu wadah dalam pembahasan tersebut, mulai dari observasi, evaluasi, managemen hingga bagaimana mempromosikan wisata baik secara online maupun secara offline.

Untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan bersama, pengelola wisata diharapkan mampu berkolaborasi dengan baik dengan sejumlah stakeholder yang ada di bidang masing-masing, seperti Universitas, NGO, ASPI, Travel Dan sebagainya. (Ka-Um Desa Sesaot )