MUSYAWARAH RKP DESA SESAOT TAHUN 2023

  • Aug 10, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (10/08) – Kegiatan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa ( RKPDes ) Tahun 2022 dalam rangka menyusun rancangan program untuk tahun 2023 yang sekaligus dirangkum dengan pembentukan Tim RKPDes Desa Sesaot.

Kepala Desa Sesaot, Yuni Hari Seni,S.Pd berharap, program yang sudah dirancang bisa terealisasi, karena mengingat banyak program yang tertunda akibat dari pandemic Covid-19 dua tahun terakhir.

Muliadi, Ketua BPD Desa Sesaot juga menjelaskan tentang bagaimana membangun desa kedepan, baik dari segi moral dan akhlak masyarakat Desa.

“Akhlak adalah, merupakan kunci utama untuk membangun masyarakat” jelasnya

Beliau juga menjelaskan akan pentingnya peran aktif masyarakat dalam bermusyawarah dan menyampaikan pendapat atau gagasan untuk pembangunan bersama.

“Penggalian Gagasan yang ada di dusun benar-benar digali, mana yang menjadi skala prioritas itu yang di utamakan dan di naikkan menjadi program di tahun 2023” pesannya kepada Tim RKPDes yang terpilih.

Pendamping Langsung Desa, Pak Hafizin mengarahkan, agar apapun yang menjadi program tersebut dipetik dari dua hal, yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Indeks Desa Membangun (IDM). Dan yang terpenting penetapan bisa dilaksanakan pada  bulan desember 2022 atau sebelum 2023.

Dari informasi yang dihimpun dari kementerian, kemungkinan di tahun 2023 segala bentuk penyaluran  bantuan akan dilakukan melalui satu pintu yaitu Dinas Sosial sehingga desa bisa lebih focus dalam tarap pembangunan.

Pak Fajar, yang  juga selaku pendamping desa juga menyampaikan apa yang bisa di kerjakan dari APBDes agar di kerjakan dengan tetap berpijak pada RPJMDes, jika terdapat program yang tidak bisa dilaksanakan dari APBDes maka diminta dimasukkan ke DURKPDes tahun 2024.

Pasca Musyawarah, Langsung dilakukan penetapan kepada TIM yang sudah terbentuk terdiri dari 11 Orang, dengan struktur  Pembina, Ketua, Skretaris dan 8 Orang anggota. (Ka-Um Desa Sesaot )