MUSYAWARAH DU-RKP DESA TAHUN ANGGARAN 2024

  • Sep 26, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (26/09) – Hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan Daftar Usulan RKPDes Tahun Anggaran 2024 diharapkan dapat terealisasi oleh Pemerintah Daerah.

Kegiatan tersebut di pandu langsung oleh TIM Dari Kecamatan Narmada, Ketua BPD Desa Sesaot, Kepala Desa,  sekretaris Desa Sesaot dan Pendamping Desa.

Dalam musyawarah tersebut mengangkat 3 bidang kegiatan yang menjadi kategori usulan yaitu bidang sarana dan prasarana, bidang usaha ekonomi produktif dan bidang sosial budaya atau kemasyarakatan.

Yuni Hari Seni, S.Pd selaku kepala desa sesaot berharap, apa yang menjadi usulan tersebut nantinya dapat diperjuangkan bersama, dikawal mulai dari desa, kecamatan sampai dengan ke kabupaten.

Sebagaimana yang diterangkan Muliadi, Ketua BPD Desa sesaot dalam sambutannya turut menjelaskan, DU RKP yang dilaksanakan oleh desa merupakan suatu usulan yang disampaikan oleh masyarakat maupun pihak-pihak yang ada di desa untuk disampaikan ke kecamatan hingga ke kabupaten yang tahapannya melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Terdapat  beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam Musrenbang tersebut yaitu, Planing atau perencanaan, filtering atau pengelompokan, aktuacting atau pelaksanaan hingga controlling atau pengawalan usulan hingga pelaksanaan, jelas Muhammad Suhaebi, sebagai perwakilan Tim dari kecamatan Narmada

Daftar usulan yang dimaksud dan disepakati adalah kegiatan yang sifatnya tidak bisa di danai oleh anggaran desa seperti DD maupun ADD dan sifatnya menjadi skala prioritas.

Selanjutnya, kegiatan dilangsungkan dengan penentuan delegasi atau keterwakilan desa untuk menyampaikan apa yang menjadi hasil dari musyawarah tersebut ke jenjang kecamatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dari Unsur Kecamatan Narmada, Pemerintah Dan Lembaga Desa Sesaot, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, Kepala Sekolah tingkat Paud dan TK Hingga SMP, Bidan Desa, Tokoh Agama dan Masyarakat Desa Sesaot, Tokoh Pemuda dan Segenap undangan pada musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan DU RKP Desa Sesaot untuk tahun anggaran 2024.

http://sesaot.desa.id (Ka-UM Desa Sesaot / )