IKUT POSYANDU KELUARGA, MANFAATKAN 5 PROGRAM INI !

  • Jan 15, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

DESA SESAOT (15/01)- Pasca rapat pertemuan pada Pertengahan Juni 2021 lalu yang membahas tentang evaluasi desa siaga PHBS dan komitmen untuk menjadikan posyandu sebagai wadah Kesehatan Bersama ( Posyandu Keluarga ) seperti yang sedang berlangsung hari ini di Dusun Sesaot Timuk Desa Sesaot Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat-NTB.

untuk mengawali tahun 2022 Tim Petugas Kesehatan Dari Puskesmas Suranadi dan Lintas Sektor melakukan kegiatan Posyandu Keluarga di Dusun Sesaot timuk yang didampingi oleh Kader Setempat Bersama perangkat Desa Sesaot.

Hazril Bahroni, Selaku Perangkat Kewilayahan Dusun Sesaot Timuk berperan aktif dalam membantu proses  berlangsungnya kegiatan mulai dari penyampaian informasi, persiapan hingga akhir pelaksanaan.

Berdasarkan keterangan yang didapat dari Bu Astin Huriani, SKM. S selaku bagian dari Tim Kesehatan menuturkan, “ada lima program utama yang di dikemas menjadi satu di dalam Posyandu Keluarga Tersebut diantaranya, Kesehatan Ibu dan Anak ( KIA ) / KB, Imunisasi, Gizi dan Diare yang dipadu dengan integrasi program dari Lintas Sektor untuk Kelas Remaja, Posbindu, PMT serta pelayanan terhadap Lansia”

Banyaknya masyarakat yang antusias dalam mengikuti program tersebut memberikan arti bahwa manfaat yang didapat dalam posyandu keluarga ini tentu sangat banyak khususnya untuk Kesehatan diri. Adapun sejumlah kegiatan yang dilakukan seperti Pemeriksaan tekanan darah, berat badan, dan pemeriksaan khusus bagi penderita penyakit tertentu, tidak sebatas pemeriksaan, pemberian obat dan PMT juga diberikan kepada peserta posyandu, Adapun untuk remaja diberikan kelas khusus tentang Kesehatan dan program dibidangnya.

Sebagai bentuk perhatian dan dukungan Pemerintah Desa, Kepala Desa Sesaot Yuni Hari Seni, S.Pd tentunya sudah menumpah anggaran Dana Desa  untuk menunjang keberlangsungan posyandu keluarga tersebut, khususnya fasilitas penunjang seperti Pengadaan Terop, Pengadaan Kursi dan Meja, Wastafel permanen sebagai wadah cuci tangan dan sejumlah fasilitas lainnya.

Program posyandu keluarga ini bukan pertama kalinya dilakukan di Desa Sesaot, Kedepannya program tersebut akan terus berjalan untuk menciptakan ruang Kesehatan bagi masyarakat khsususnya di Desa Sesaot.