DORONG PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETANI, KKN-T UNRAM DESA SESAOT GELAR SOSIALISASI DAN PENYERAHAN BANTUAN BIBIT TANAMAN.

  • Jul 31, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (31/07) - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Universitas Mataram (Unram) Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat Periode Juni-Agustus 2022 mengadakan sosialisasi dan penyerahan sejumlah bantuan bibit tanaman pada Sabtu (02/07) lalu.

Sosialisasi dengan tema Peningkatan Produktivitas Petani Melalui Pembentukan Kelompok Tani dan Penyerahan Bantuan Bibit itu diadakan di RT 05, Dusun Sesaot Timuk. Selain karena potensi desa, kegiatan itu diadakan oleh sebab kebutuhan masyarakat setempat.

Demi menyukseskan kegiatan tersebut, Kelompok KKN-T Unram Desa Sesaot menghadirkan pemateri yang berkompeten di bidangnya, Lalu Farouq Wardana, S.P penyuluh dan praktisi bidang pertanian. Dalam kesempatan itu, disampaikan materi tentang pemanfaatan lahan dengan tanaman jangka pendek berupa sayur, tanaman jangka menengah berupa buah dan tanaman jangka panjang  berupa kayu.

Kegiatan itu didasarkan pada kebutuhan masyarakat setempat yang kesulitan mengakses bantuan dan mengalami masalah produksi. Selain materi tentang pemanfaatan lahan, turut tersampaikan tentang prosedur pembentukan kelompok tani dan potensi bantuan yang dapat diakses.

Kegiatan itu dipadati masyarakat setempat. Masyarakat mendengarkan penyampaian materi dengan fokus dan khidmat. Seusai penyampaian, peserta kegiatan merespon dengan sejumlah pernyataan tentang kendala dan persoalan yang dihadapi. Kegiatan tersebut diikuti dengan antusias. Hal tersebut nampak dari banyaknya peserta kegiatan mengajukan pertanyaan.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan dan kehadiran Mahasiswa KKN Unram ini.” Ujar Mustari, ketua kelompok tani Petung Makmur.

Selain kegiatan sosialisasi, kegiatan itu dirangkaiakan dengan pengesahan kelompok Tani Petung Makmur oleh Kepala Desa Sesaot Yuni Hari Seni, S.Pd. “Potensi Desa Sesaot melimpah, mulai dari wisata geografis, wisata kuliner, hingga potensi pertanian. Kehadiran mahasiswa KKN Unram mendorong pemanfaatan potensi-potensi tersebut.” Urai satu-satunya Kepala Desa perempuan di Lombok Barat itu.

Ketua kelompok KKN-T Unram Desa Sesaot juga menguraikan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, “Kegiatan ini bertujuan membentuk sumber daya manusia yang akan mengelola potensi desa secara berkelanjutan.” Terang A Fattah, mahasiswa Fakultas Hukum Unram.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan penyerahan dua ribu bibit tanaman oleh mahasiswa KKN-T. Bantuan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petani dan meningkatkan produktivitas para petani. Tanaman buah dan kayu diserahkan demi mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi petani, meningkatkan produktivitas dan penghasilan. Diatas itu, kami berharap bantuan ini menekan efek rumah kaca dan pemanasan global ditengah maraknya perambahan liat.” Pungkas Yuda Asjuanda, ketua panitia kegiatan tersebut.

 

Sumber media dan berita : Ida Ayu Agung Widiantari ( Peserta KKN-T Universitas Mataram )