DESA SESAOT MENJADI 1 DARI 10 MODEL DRPPA

  • Jul 22, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (20/22) – Desa Sesaot Bersama 9 desa di Kabupaten Lombok Barat menjadi Lokus Launching Desa Ramah Perempuan Peduli Anak ( DRPPA ) Tahun 2022.

Kegiatan pencanangan kepada 10 Desa  sebagai Model DRPPA  dilakukan Langsung oleh Wakil Bupati Lombok Barat, Hj. Sumiatun bertempat di Wisata PUREKMAS Sesaot.

Wakil Bupati sekaligus Ketua Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) Lombok Barat menyampaikan bahwa DRPPA Tersebut merupakan implementasi dari lima indicator arahan presiden diantaranya, Peningkatan Pemberdayaan Perempuan dan Kewirausahaan, Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam Pendidikan dan pengasuhan anak, Penuruan kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, serta pencegahan perkawinan anak.

Hj. Sumiatun menyimpulkan, Desa harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya terhadap perempuan dan anak, serta memenuhi hak atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi.

Wakil Bupati sekaligus Ketua GOW Hj. Sumiatun juga meminta semua semua OPD, Camat, Kepala Desa, Organisasi-organisasi, dan semua elemen masyarakat untuk Bersama-sama dalam mendukung DRPPA Tersebut.

Disaat yang sama, Kepala Desa Sesaot Yuni Hari Seni, S.Pd berharap Dengan Launching DRPPA Yang dilakukan hari ini semoga Desa-desa yang lain bisa menyusul, sehingga kita kaum perempuan dan tentunya bebas dari kekerasan dan anak-anak kita tidak sampai putus sekolah.

“Setelah ini kami Pemerintah Desa akan melakukan tindak lanjut Bersama BPD, Lembaga dan Tokoh Di Desa untuk keberlanjutan DRPPA ini seperti Penyusunan PERDES dan sebagainya” Jawab Yuni pada saat ditanya oleh awak media.

Pasca Pencanangan tersebut, tercatat lebih dari 30 Perempuan menjadi perwakilan dari masing-masing Dusun yang ada di Desa Sesaot untuk menjadi peserta pelatihan Kewirausahaan Tahun 2022 yang akan dilaksanakan satu pekan mendatang.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati pada Tanggal 8 Februari 2022, 10 Desa terpilih yang menjadi model Desa Ramah Perempuan Peduli Anak ( DRPPA ) tersebut diantaranya adalah , Desa Sesaot, Desa Dasan Geria, Desa Bengkel, Desa Kekait, Desa Senggigi, Desa Kediri, Desa Kuripan, Desa Suka Makmur, Desa Jembatan Kembar dan Desa Taman Baru.