DAFTARKAN AKUN DIRI DAN CEK BLT SUBSIDI GAJI 2022 DI KEMNAKER.GO.ID

  • Sep 13, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (13-09)- Pengecekan penerimaan bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahun 2022 dapat dilakukan melalui laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan - https://kemnaker.go.id

BSU atau BLT subsidi gaji sebesar Rp 600.000 diberikan hanya 1 kali kepada para pekerja yang memenuhi syarat sebagai berikut :

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022

- Gaji atau upah paling banyak Rp 3,5 juta. Pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan UMP atau UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP atau UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh

- Bukan PNS, TNI dan Polri

- Belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan dan bantuan produktif untuk usaha mikro.

Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa penerima BSU ternyata tidak memenuhi persyaratan, maka yang bersangkutan wajib mengembalikan dana BSU yang diterima ke Kas Negara. Permenaker No. 10 Tahun 2022.

Perlu diketahui, sebelum dapat mengecek penerima BLT subsidi gaji 2022 melalui laman kemnaker.go.id, Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu.

Untuk melakukan pendaftaran/registrasi Akun pada Layanan Kemnaker.go.id, Anda dapat memulainya dengan mengakses halaman https://account.kemnaker.go.id/auth/login

Adapun langkah-langkah pendaftaran akun Kemnaker untuk mengecek penerima BSU atau BLT subsidi gaji 2022, dilansir dari laman resmi Kemnaker, Selasa (13/9/2022) :

- Akses laman https://account.kemnaker.go.id/auth/login

-  Pada halaman Login ini, Anda dapat meregistrasikan perusahaan anda ke dalam sistem wajib lapor, lewat tautan "Daftar Sekarang".

- Setelah anda memilih tautan “Daftar Sekarang”, maka akan muncul form isian untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Pada bagian "Akun", masukan data Alamat Email aktif, nomor Handphone, serta password. 

- Setelah mengisi semua data yang diperlukan silakan tekan tombol "Daftar Sekarang" pada bagian bawah form isian.

- Setelah menekan tombol "Daftar Sekarang" dan tidak ada kesalahan pengisian, maka proses pendaftaran/registrasi selesai.

Setelah memiliki akun, Anda dapat mengecek penerimaan BSU atau BLT subsidi gaji 2022 dengan langkah-langkah sebagai berikut : 

1. Kunjungi website kemnaker.go.id.

2. Masuk

Setelah mendaftar aku maka kemudian Login kedalam akun Anda.

3. Lengkapi Profil

Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

4. Cek Notifikasi

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Ada tiga notifikasi di sini yaitu:

- Terdaftar:

Anda akan mendapat notifikasi apabila telah terdaftar sebagai calon penerima BSU sesuai dengan tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada kementerian Ketenagakerjaan.

- Ditetapkan:

Anda akan mendapat notifikasi apabila telah ditetapkan sebagai penerima BSU.

- Tersalurkan ke Rekening Anda:

Anda akan mendapat notifikasi apabila dana BSU 2022 telah disalurkan ke Rekening Bank Anda.

Namun untuk dimaklumi, saat ini situs kemnaker.go.id cukup lamban dimuat dimungkinkan karena banyaknya user yang mengakses laman tersebut harap untuk diulang secara berkala apabila terjadi kendala tersebut.

( Ka-Um Desa Sesaot - sumber reverensi liputan6.com )