BINA 119 DESA DI LOMBOK BARAT, INI HARAPAN DPMD

  • Feb 03, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

SESAOT.DESA.ID- Pemerintah Desa Sesaot menerima pembinaan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Lombok Barat (02/02) Bersama dua desa lainnya yaitu Desa Sedau dan Desa Peresak di Kantor Camat Narmada.

Kegiatan tersebut di ikuti langsug oleh Kepala Desa Sesaot, Perangkat Desa ( Kaur & Kasi ) BPD, dan Lembaga Desa untuk mendapat pembinaan dari Dinas PMD Bersama dengan Inspektorat dan Kejari Mataram di masing-masing bidang, sehingga hal tersebut menjadi wadah yang bermanfaat untuk menjalin diskusi terkait tugas dan fungsi pokok masing-masing Kaur, Kasi dan Lembaga agar mencapai ketertiban dalam administrasi dan lainnya.

“Kami sangat bersyukur dengan diadakannya program pembinaan ini” singkat Yuni Hari Seni, S.Pd kepala desa sesaot begitu menerima jadwal kegiatan tersebut.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat mendampingi langsung selama kegiatan tersebut berlangsung.

“Pemerintah desa, bpd, bumdes dan lembaga desa lainnya lebih memahami tugas dan fungsinya serta tanggungjawabnya masing2 sehingga dengan demikian kinerjanya lebih meningkat, meminimalisir temuan dan tidak mudah berhadapan dengan hukum.

Meningkatkan kapasitas desa dalam menatakelola pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan serta pertanggungjawabannya.

Memetakan masalah2 yg ada di desa sebagai bahan masukan penyusunan/perubahan/penyempurnaan regulasi daerah tentang desa.

Meningkatkan kemampuan desa dalam mengoperasikan berbagai macam aplikasi e-goverment.

Membantu desa dalam merencanakan dan menganggarkan program dan kegiatan yang dibutuhkan di desa yang berbasis penggalian potensi desa dan penyelesaian masalah di desa sesuai kewenangan desa dan kearifan lokal desa.” Harapan dari Hery Ramadhan,S.Stp.,Sh.M.Si Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Barat.

Selanjutnya pembinaan akan terus berlangsung hingga pertengahan Februari mendatang.