APA ITU TB / TBC ?? NAKES PUSKESMAS SURANADI GELAR SOSIALISASI

  • Aug 18, 2022
  • Pemerintah Desa Sesaot.

Sesaot (18/08)- Tuberkulosis (TBC)  atau TB adalah penyakit menular akibat infeksi bakteri. TBC umumnya menyerang paru-paru, tetapi juga dapat menyerang organ tubuh lain, seperti ginjal, tulang belakang, dan otak.

Rina Andriana, A.Md Kep. selaku nakes dari Puskesmas Suranadi Memaparkan, TB / TBC Merupakan Suatu penyakit bakteri menular yang berpotensi serius yang terutama mempengaruhi paru-paru. Bakteri penyebab TB menyebar ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Kebanyakan orang yang terinfeksi dengan bakteri yang menyebabkan tuberkulosis tidak memiliki gejala. Ketika gejala memang terjadi, biasanya berupa batuk (kadang-kadang ada bercak darah), penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, dan demam.

Metode Pengobatan tidak selalu diperlukan untuk orang-orang tanpa gejala. Pasien dengan gejala aktif akan membutuhkan perjalanan pengobatan panjang yang melibatkan beberapa antibiotik. Beliau juga mempresentasikan kasus perkembangan Penderita TB Di desa sesaot 4 Tahun terakhir.

Penjelasan umum tersebut disampaikannya pada saat sosialisasi yang dilakukan di Aula Kantor Desa Sesaot Pagi ini ( Kamis, 08/08/2022 ) terhadap peserta yang terdiri dari unsur Kader dan Perangkat Desa yang nantinya diharapkan juga menjadi perpanjangan tangan ke tingkat masyarakat bawah.

Selain itu, Dr. Dina Risna Gusmayanti yang juga dari Puskesmas Suranadi turut memberikan edukasi kepada peserta terkait factor atau penyebab TB, Cara Melindungi diri dari TB Hingga Penanganan.

Secara spesifikasi Dr Dina Meminta, setidaknya masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS )  Dalam kehidupan sehari-hari, seperti tetap menggunakan masker, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mencuci tangan dan akitifitas Kesehatan lainnya.

Kepala Desa Sesaot, Yuni Hari Seni, S.Pd berharap, dengan adanya sosialisasi dan edukasi tersebut diharapkan mampu diterapkan oleh masyarakat agar bersama bisa mewujudkan desa sesaot menjadi desa yang sehat. (Ka-Um Desa Sesaot )